Apa itu Bitcoin, Cryptocurrency dan Blockchain serta Cara Kerjanya

Apa itu Bitcoin, Cryptocurrency dan Blockchain serta Cara Kerjanya


Pantengin ID - Halo semuanya apakah saat ini kamu sedang bertanya tanya sebenarnya Apa itu Bitcoin, Cryptocurrency dan Blockchain serta Cara Kerjanya dan apakah kita bisa mendapatkan keuntungan jika melakukan Investasi pada aset tersebut.

Jangan kwatir, karena kali ini kita bersama-sama akan membahas mengenai hal tersebut. Silakan Anda baca dan cermati artikel dibawah ini.


Apa Itu Bitcoin?

Pertama kita bahas yang lebih familiar terlebih dahulu yaitu Bitcoin, Sebenarnya apa sih bitcoin itu Bitcoin merupakan mata uang digital terdesentralisasi yang telah diciptakan pada tahun 2009 oleh seorang yang menggunakan nama samaran yaitu Satoshi Nakamoto. Bitcoin muncul dengan menawarkan janji bahwa membayaran transaksi yang rendah dibanding dengan mekanisme dari pembayaran online tradisional.


Mata uang digital baru ini masuk ke dalam tipe cryptocurrency sebab memakai suatu program yang dibuat untuk menjaganya supaya senantiasa nyaman. Walaupun diketahui kita ketahui ini adalah sebuah mata uang, namun bitcoin bersifat digital yang tidak memiliki suatu bentuk tampilan fisik. Mata uang ini digunakan dalam proses bertransaksi di jaringan internet tanpa memakai perantara dari pihak ketiga seperti perbankan.


Memahami Sistem Kerja Bitcoin

Bitcoin memakai suatu program yang dibuat untuk menyediakan keamanan bawah semacam penggunaannya yang hanya dapat digunakan oleh mereka yang memanglah memilikinya.


Bila mau memakainya, pengguna dapat membelinya Exchange seperti Tokocrypto pada komputur ataupun ponsel. Atau anda juga dapat menyimpannya di Wallet Pribadi, Install wallet maka akan secara otomatis membuat alamat bitcoin awal.


Apa Itu Cryptocurrency?

Sederhananya, cryptocurrency merupakan suatu mata uang digital. Dia tidak ada dalam tampilan fisik seperti koin ataupun uang tunai yang digunakan secara universal di segala dunia. Contohnya Bitcoin, Ethereum, Cardano, XRP serta masih banyak lagi.

Terdapat sebagian definisi dari Cryptocurrency:

1. Digital

Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang berarti cuma berlaku didunia Digital/Internet. Cryptocurrency tidak muncul dalam wujud fisik yang bisa kita pegang tiap hari.


2. Peer- to- peer

Cryptocurrency dapat anda digunakan buat transaksi dari satu orang ke orang yang lain secara online dan tentunya dengan aman.


3. Global

Cryptocurrency sama di tiap negeri. Hingga, transaksi bisa dicoba secara leluasa antarnegara tanpa terbawa- bawa oleh kurs.


4. Terenkripsi

Tiap pengguna mempunyai kode unik tertentu yang digunakan untuk bertransaksi dengan cryptocurrency. Tiap melaksanakan transaksi, pengguna pihak ke tiga tidak dapat ikut campur dalam transaksi tersebut.


5. Terdesentralisasi

Tidak ada sangkut paut dengan pihak ketiga saat melakukan trasnsaki, karena tidak terpusat. Jadi Anda yang mengambil kendali sepenuhnya dalam transakasi


Apa itu Blockchain?

Blockchain merupakan suatu teknologi yang digunakan selaku untuk sistem penyimpanan informasi digital yang tersambung lewat program.


Pemakaian teknologi blockchain tidak dapat dilepaskan dari Bitcoin serta Cryptocurrency, walaupun terdapat banyak zona yang dapat menggunakan teknologi ini. Bila dilihat dari sistem penamaanya, blockchain sendiri terdiri dari 2 kata, ialah block yang berarti suartu kelompok, sedangan chain yaitu rantai.


Cara Kerja dari Blockchain

Secara mudah, cara kerja blockchain merupakan diawali kala suatu blok menaruh suatu informasi baru. Sistem blockchain sendiri terdiri dari 2 buah tipe record, transaksi serta blok.


Teknologi blockchain pula terdesentralisasi, sehingga tidak terdapat satupun otoritas yang mempunyai kendali penuh, melainkan terpecah ke tiap sebuah komputer yang telah diinstal fitur lunak spesial.

Berikut lebih jelasnnya dari cara kerja blockchain:

  1. Awal, toko online A mempunyai Wallet Bitcoin buat menerima pembayaran dari pelanggan.
  2. Setelah itu tiba pelanggan yang mau membeli di web toko online A memakai Bitcoin.
  3. Owner toko online A membagikan alamat wallet bitcoin yang dapat digunakan pembeli buat melaksanakan pembayaran.
  4. Pembeli melaksanakan transfer/ pembayaran bitcoin ke alamat dompet bitcoin penjual toko online A yang diberikan bersama dengan kunci transaksi.
  5. Permintaan suatu transaksi terkirim kepada para penambang atau minners bitcoin. untuk memproses transakasi
  6. Selaku data, penambang bitcoin merupakan orang- orang yang mempersiapkan pc spesial buat melaksanakan perhitungan matematis guna membuka celah blok baru pada blockchain.
  7. Suatu blok baru terbentuk serta digunakan buat menaruh bitcoin dalam transaksi antara toko online A dengan pembeli.
  8. Transaksi terverifikasi, diisyarati dengan akumulasi bitcoin di wallet bitcoin toko online A.
 

Nah itulah artikel dari Apa itu Bitcoin, Cryptocurrency dan Blockchain serta Cara Kerjanya semoga menjawab ke pertanyaan anda. Lalu apakah jika investasi di sini kita akan mendapatkan keuntungan, jawabannya iya. Jika aset yang kita investasi harganya meningkat pastinya kita untungkan, akan tetapi harus ingat karena investasi itu beresiko silakan anda melakukan riset suatu aset karena yang mengatur keungan adalah anda sendiri.

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama